Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

BERITA BAIK DAN BURUK MENGENAI UPAYA MEMERANGI POTATO BLIGHT

Tanggal : 4 June 2010

Para peneliti dari Belanda telah menemukan banyak gen pertahanan pada kentang liar dan kultivar yang dapat melindungi kentang tersebut melawan patogen fitoptora. "Secara keseluruhan, kami kini telah mengisolasi gen-gen 24 R”', ungkap Evert Jacobsen dari Wageningen University, Belanda. “Diantaranya adalah gen-gen dari spesies kentang yang berbeda yang terlihat berlainan, tetapi sebenarnya berdasarkan gen resistensi yang sama. Jika duplikasi ini dilepaskan, Anda akan berakhir dengan delapan sampai sembilan kelompok berlainan yang memiliki gen-gen resistensi.”

Dalam sebuah siaran pers, Wageningen University melaporkan bahwa para peneliti tersebut  juga menemukan beberapa gen terkait avirulensi (gen-gen Avr) pada Phytophthora infestans. Gen-gen Avr ini menghasilkan zat-zat yang memicu suatu reaksi kekebalan pada kentang dan mencegah patogen tersebut dari serangan.

Ironisnya adalah bahwa selagi ketersediaan bahan genetika untuk kentang dengan ketahanan berkelanjutan terhadap patogen tersedia, para peneliti tidak diizinkan untuk melakukan uji coba lapangan apapun.

Kunjungi http://www.wur.nl/UK/newsagenda/news/Better_armed_to_fight_potato_blight.htm untuk cerita selengkapnya.