Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

DITELITI: RESISTENSI SILANG ANTARA PENGGEREK PADI MEKSIKO DAN PENGGEREK TEBU

Tanggal : 16 April 2010

Penggerek padi Meksiko (MRB) dan penggerek tebu (SCB) adalah dua jenis hama tebu yang secara ekonomi paling penting di Amerika Serikat. Larva dari kedua jenis hama tersebut memiliki kemiripan dalam perilaku makan mereka. Maka, Marvellous M. Zhou dari South African Sugarcane Research Institute, dan rekannya Collins A. Kimbeng, Jorge A. da Silva dan William H. White, melakukan sebuah studi kasus untuk menentukan apabila resistensi SCB dalam tanaman tebu berkorelasi dengan resistensinya terhadap MRB. Para ilmuwan tersebut membuat kejadian ini sebagai “resistensi silang.”. Genotipe-genotipe dari populasi pemuliaan tebu Louisiana dan Texas digunakan dalam studi ini.

Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara internoda yang rusak SCB dan MRB diantara populasi tahan SCB Lousiana. Lebih lanjut, genotipe tahan SCB kurang tahan terhadap penggerek MRB dibandingkan genotipe yang rentan SCB.

Baca http://crop.scijournals.org/cgi/content/full/50/3/861?gca=50%2F3%2F861&sendit=Get+All+Checked+Abstract%28s%29&#BDY untuk informasi lebih lanjut.