Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

DARI TEOSINTE KE JAGUNG, SEBUAH LELUCON EVOLUSI?

Tanggal : 9 October 2009

Sebuah artikel dalam Jurnal Botani Amerika bertajuk A cellular study of teosinte Zea mays subsp. parviglumis (poaceae) caryopsis development showing several processes conserved in maize 1 mengupas kemungkinan evolusi jagung domestifikasi dari teosinte, kerabat liar jagung. Studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari National Institute of Biology dan Department of Biology, Slovenia, dan  University of Florida, Amerika yang dipimpin oleh Dr. Marina Dermastia mengungkapkan bahwa banyak sifat yang terlihat dalam perkembangan seluler kernel jagung yang sebelumnya dikaitkan dengan proses domestifikasi yang diamati dalam perkembangan kernel teosinte.

Kelompok itu mengamati beberapa sifat jagung yang berkaitan dengan perkembangan benih yang dapat ditemukan dalam teosinte meliputi: kematian sel terprogram, akumulasi senyawa fenolik dalam dinding sel-sel ini, serta adanya sejenis enzim yang mengendalikan arus gula dalam benih yang sedang berkembang. Sifat-sifat dari kernel teosinte ini menunjukkan bahwa mereka bukan merupakan sebuah konsekuensi dari domestifikasi jagung.

Salah satu pengamatan yang menarik adalah bahwa distribusi sel-sel dengan kandungan DNA tinggi, yang merupakan hasil dari endoreduplikasi dalam jagung berbeda dari teosinte. Dalam jagung, kandungan DNA tinggi densitas ini didistribusikan keseluruh endosperma, sementara hal itu terjadi dibagian atas dari endosperma teosinte. Perbedaan ini mungkin merupakan konsekuensi langsung dari evolusi jagung.

Artikel lengkapnya dapat diunduh di http://www.amjbot.org/cgi/reprint/96/10/1798?maxtoshow=&
HITS=10&hits=10&RESULTFORMAT=&andorexacttitle=and&andorexacttitleabs=and&andorexactfulltext=and&
searchid=1&FIRSTINDEX=0&sortspec=relevance&fdate=10/1/2009&resourcetype=HWCIT