Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

JAGUNG TOLERAN KEKERINGAN DAN TAHAN STRIGA UNTUK GHANA

Tanggal : 8 April 2010

Empat varietas jagung toleran kekeringan dan tahan striga dikembangkan oleh International Institute of Tropical Agriculture (IITA) bekerjasama dengan Program Jagung Nasional Ghana dirilis untukpara  petani Ghana baru-baru ini. Tiga lini matang dini EVDT-W 99 STR QPM Co; Tze-W Pop STR C0 QPM; dan TZEE-W Pop STR C0 QPM dan satu matang menengah, hibrida QPM toleran kekeringan dirilis oleh Institut Penelitian Tanaman Ghana bekerjasama dengan Institut Penelitian Pertanian Savannah dan Penelitian Industri Ghana.

“Dengan pelepasan varietas-varietas ini, petani di Ghana kini memiliki pilihan tidak hanya dalam hal kematangan, warna dan jenis biji-bijian tetapi juga varietas yang dapat mentolerir kedua stres utama yang mencegah peningkatan produksi dan produktivitas jagung di sub -wilayah,” ungkap Dr Baffour Badu-Apraku, Pemulia Jagung  IITA. Selain itu, Dewan Pengembangan Tanaman Biji-bijian, dari Kementerian Pangan dan Pertanian Ghana, Dr Robert Asuboah optimis bahwa tanaman “yang menjanjikan ini” akan memungkinkan petani menghasilkan tanaman dan keuntungan selama masa kekeringan.

Untuk rincian, lihat artikelnya di: http://www.afriquejet.com/news/africa-news/ghanaian-farmers-get-drought-tolerant-maize-to-boost-production-2010040347069.html.