Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EFEK NANOPARTIKEL PADA EKSPRESI GEN YANG TERKAIT FOTOSINTESIS PADA KEDELAI

Tanggal : 13 June 2019

Fotosintesis merupakan proses fisiologis penting pada tanaman. Ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan tanaman dan perkembangan. Vietnam Academy of Science and Technology melaporkan dampak nanopartikel zerovalent cobalt pada ekspresi gene yang terkait dengan fotosintesis pada daun kedelai dalam tahap pertumbuhan yang berbeda. 

 

Hasil menunjukkan bahwa perlakuan nanopartikel zerovalent cobalt buatan Vietnam dan AS (dengan dua dosis 0,7 dan 16,67 mg/kg biji kedelai) mendorong fotosintesis kedelai dengan meningkatkan kandungan klorofil a dan rasion Fv/Fm dibandingan dengan kontrol (tanpa perlakuan nanopartikel zerovalent cobalt). Nilai-nilai ini cenderung meningkat dan mencapai nilai maksimum pada hari ke-40 dan kemudian turun pada hari ke-70. Tingkat ekspresi gen yang terkait fotosintesis pada daun kedelai juga berubah bergantung pada tahap pertumbuhan kedelai dan konsentrasi nanopartikel zerovalent cobalt yang diberikan. Gen psaA, Lhca, psaB, Cytb6f (milik fotosistem I) dan psbA, psbB, psbC, psbD, psbE (milik fotosistem II) dalam formulasi percobaan diekspresikan lebih tinggi dibandingkan grup kontrol pada hari ke-20 dan ke-70. Namun, pada hari ke-40, tingkat ekspresi gen-gen ini berbeda secara signifikan.

 

Hasil yang diperoleh memberikan dasar untuk memahami mekanisme aktif gen-gen di atas untuk mengendalikan aktivitas fotosintesis tanaman dengan dan tanpa kehadiran nanopartikel zerovalent cobalt serta dalam kondisi stres.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel lengkapnya dalam Bahasa Vietnam dari Vietnam Academy of Science and Technology http://vjs.ac.vn/index.php/vjbio/article/view/13540/pdf.