Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GANDUM BARU YANG LEBIH SEHAT

Tanggal : 28 May 2010

Jumlah komponen gizi yang ditemukan pada gandum bervariasi dari satu varietas terhadap yang lain, dengan beberapa varietas memberikan nutrisi empat kali lebih banyak. Untuk melakukan penelitian demi meningkatkan jumlah serat makanan, vitamin dan mineral pada gandum, Sixth Framework Programme (FP6) Uni Eropa tentang “Food quality and safety“ sejak Juni 2005, telah menghibahkan sebuah proyek bernama HEALTHGRAIN singkatan untuk "Exploiting Bioactivity of European Cereal Grains for Improved Nutrition and Health Benefits".
 
Para ilmuwan proyek tersebut yang akan berhenti di akhir bulan melaporkan identifikasi penanda bagi serat-serat diet, tokoferol (vitamin E) dan sterol yang dapat digunakan oleh para pemulia dalam program pemuliaan tanaman gandum. Selain itu, para peneliti kini sedang mengembangkan peralatan baru seperti kalibrasi inframerah jarak dekat dan antibodi-antibodi yang dapat digunakan oleh para pemulia, pengusaha dan pengolah biji-bijian serta para anggota industri makanan dalam mengidentifikasi lini-lini gandum dengan perbaikan kualitas nutrisi.

Untuk rincian lebih lanjut mengenai berita tersebut, kunjungi  http://cordis.europa.eu/fetch?CALLER=FP6_NEWS&ACTION=D&DOC=4&CAT=NEWS&QUERY=0128d9078418:af4c:7cdc92c2&RCN=32129