Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN BARU YANG MENGENDALIKAN UKURAN BENIH DITEMUKAN

Tanggal : 6 November 2009

Para ilmuwan di University of Freiberg di Jerman dan John Innes Center di Inggris mengungkapkan mereka telah menemukan sejenis gen dalam tanaman model Arabidopsis yang bertanggungjawab bagi pengendalian ukuran benih keseluruhan. Ilmuwan itu percaya bahwa pemanipulasian gen ini dapat mengawali jalan kearah perbaikan tanaman.

Michael Lenhard dan rekannya menemukan bahwa gen sitokrom P450 KLUH (KLU) mengatur ukuran benih. Gen tersebut, terekspresi dalam integumen bagian dalam dari ovul yang sedang berkembang, yang sampai sekarang menghasilkan suatu sinyal pertumbuhan mudah berubah yang tidak dikenal yang menentukan ukuran benih akhir. Jika gen tersebut dimatikan, benih yang lebih kecil akan dihasilkan. Ekspresi berlebih dari KLU, di lain pihak, menghasilkan benih-benih yang lebih besar dengan kandungan minyak yang lebih tinggi. Menurut para peneliti ini merupakan pertama kalinya seperti pengaruh resiprokal diamati, dan menjadi kepentingan fundamental dari gen ini dalam perkembangan tanaman. Mereka kini sedang mempelajari pengaruh modifikasi gen ini dalam oilseed rape.


Makalah yang dipublikasikan oleh PNAS tersebut tersedia di http://dx.doi.org/10.1073/pnas.0907024106 Untuk informasi lengkap baca di http://www.jic.ac.uk/corporate/media-and-public/current-releases/091105MichaelLenhardseedsize.htm