Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

GEN-GEN PSYCHEDELIC BERLEBIH ATUR PENGIRIMAN KARBOHIDRAT PADA JAGUNG

Tanggal : 18 June 2010

Partisi karbohidrat memainkan peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan keseluruhan tanaman, namun, pengendalian proses ini tidak banyak dipelajari. Hal ini membawa Thomas L. Slewinski dan David M. Braun dari Pennsylvania State University untuk mengidentifikasi gen-gen yang mengatur partisi karbohidrat dengan mengisolasi mutan yang menunjukkan translokasi karbon tidak sempurna dari daun.

Mutan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jagung psychedelic (psc), yang menunjukkan partisi karbohidrat tak teratur. Mutan-mutan psc  ditandai oleh perubahan warna pada daun, dimana beberapa bagian berwarna hijau, sedangkan bagian lainnya kekuningan. Bagian-bagian yang berwarna berbeda dibatasi oleh vena besar, yang mungkin menunjukkan bahwa translokasi suatu senyawa bergerak melalui vena tersebut dapat mempengaruhi karakteristik jaringan itu. Analisis genetik dengan karbohidrat seruppa yang mengakumulasi mutan-mutan jagung menyiratkan bahwa gen-gen Psc-tipe liar bertindak mandiri dari jalur genetik yang diidentifikasi sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian tersebut mengungkapkan dua gen yang sebelumnya tidak teridentifikasi berfungsi berlebihan untuk ekspor (pengiriman) karbohidrat dalam tanaman jagung.

Baca abstraknya di http://www.genetics.org/cgi/content/full/185/1/221?maxtoshow=&hits=10&RESULTFORMAT=&fulltext=maize&searchid=1&FIRSTINDEX=0&volume=185&issue= 1&resourcetype=HWCIT