Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN GUNAKAN HORMON TANAMAN UNTUK LAWAN HAMA PARASIT TANAMAN DI AFRIKA

Tanggal : 10 April 2019

Striga hermonthica, juga dikenal sebagai purple witchweed, adalah tanaman parasit invasif yang mengancam produksi pangan Sahara Afrika. Striga menginfeksi tanaman pokok di wilayah tersebut seperti pearl millet, sorgum, dan tanaman sereal lainnya.

 

Striga memiliki tumit Achilles. Sebagai parasit yang menempel pada akar tanaman lain, ini mematikan ketika tidak menemukan tanaman inang untuk ditempelkan. Para ilmuwan menemukan satu cara untuk mengeksploitasi tumit Achilles Striga untuk memusnahkannya dari ladang petani. Satu tim penelitian dari King Abdullah University of Science and Technology menemukan bahwa mereka dapat menipu benih Striga untuk menganggap satu tanaman inang tumbuh dekatnya. Benih Striga berkecambah, tetapi tidak bertahan tanaman inang untuk ditempel.

 

Para ilmuwan menggunakan hormon-hormon tanaman yang dikeluarkan oleh akar-akar tanaman yang disebut strigolactones. Hormon-hormon ini memicu benih Striga untuk berkecambah. Dengan merawat ladang tanaman kosong di Burkina faso dengan strigolactones buatan, para ilmuwan menemukan bahwa mereka dapat mengurangi jumlah tanaman Striga lebih dari setengahnya. Metode ini akan memungkinkan para petani dan ilmuwan bekerja sama untuk melawan penyebaran tanaman Striga, melindungi ketahanan pangan 300 juta orang di wilayah tersebut.

 

Untuk lebih lengkap makalahnya dipublikasi di Plants, People, Planet https://nph.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/ppp3.32.