Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN RILIS VARIETAS UBI JALAR BEBAS PENYAKIT

Tanggal : 24 September 2010

Petani Uganda telah memperoleh keuntungan dari penanaman varietas ubi jalar bebas penyakit. Varietas ubi jalar baru tahan terhadap serangan kumbang dan virus ini dikembangkan dan dirilis oleh para ilmuwan dari National Crop Resources Research Institute (NACRRI). Para ilmuwan terus mengembangkan varietas tersebut melalui pemuliaan konvensional, kultur jaringan dan teknik bioteknologi modern. 

Selain memperoleh ketahanan terhadap penyakit, mereka juga meningkatkan kualitas gizi dari kedua bahan baik segar maupun kering dengan mengembangkan varietas yang mengandung vitamin A. Berbagai jenis ubi jalar dan spesies asli yang berasal dari International Potato Center di Peru saat ini sedang digunakan untuk penelitian ini.

“Kami biasanya mendapatkan koleksi ubi lokal dan menyimpannya di dalam rumah kaca di mana persilangan varietas dilakukan. Ketika kita menerima varietas-varietas tersebut dari Peru, mereka mengalami proses persilangan yang sama dengan yang asli. Sejauh ini kita telah merilis 20 varietas antara tahun 1996 - 2010, " kata Charles Niringiye, seorang agronom ubi manis NACRRI.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keamanan pangan dan mata pencaharian masyarakat pedesaan di sub-sahara Afrika termasuk Uganda.

Baca selengkapnya di http://allafrica.com/stories/201009150472.html