Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN TEMUKAN ENZIM YANG BANTU GANDUM ATASI SALINITAS

Tanggal : 3 April 2019

Para ilmuwan dari University of Western Australia (UWA) telah menemukan dua enzim yang menjelaskan sensitivitas tanaman gandum terhadap tanah yang asin.

 

Para peneliti UWA mendeskripsikan dua enzim gandum terutama yang sensitif terhadap garam dan tampaknya penghubung lemah yang mengarahkan tanaman mati di tanah salin. Para peneliti juga menemukan gandum memiliki sistem pertahanan alami yang dapat bypass salah satu enzim yang sensitif, yang sebagian melindungi dari garam.

 

Sistem bypass, disebut juga ‘GABA shunt’, memungkinkan tanaman gandum berhenti menggunakan salah satu enzim yang sensitif garam ketika terancam oleh salinitas. Namun, ketahanan yang diberikan oleh GABA shunt juga muncul terbatas, dan dikalahkan khususnya oleh tanah salin. Dr. Nicolas Taylor, penulis utama penelitian ini mengatakan, “Jika kami dapat mempelajari cara untuk mengendalikan GABA shunt, waktu dan intensitasnya, kami mungkin mampu mendorong ketahanan alami tanaman gandum terhadap garam, tanpa memperngaruhi hasil.”

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis berita UWA http://www.news.uwa.edu.au/2019032611298/research/discovery-help-wheat-cope-salty-soils.