Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN VIETNAM KEMBANGKAN GALUR PADI TOLERAN KEKERINGAN

Tanggal : 10 April 2019

Gen mengkodekan faktor transkripsi DREB1A dari tanaman lain, termasuk Arabidopsis, jagung, kanola, barley, padi, tomat, dan gandum telah dikloning dan banyak studi membuktikan ekspresi DREB1A meningkatkan toleransi kekeringan pada tanaman transgenik. Pada studi sebelumnya, gen MtOsDREB1A diisolasi dan gen OsDREB1A berhasil ditransformasikan ke dalam varietas padi Chanh Trui. Hasilnya dipublikasi pada Journal of Agriculture and Rural Development

 

Hasil menunjukkan bahwa empat galur tanaman transgenik mempertahankan transgen hingga generasi T3. Setelah tiga minggu kekeringan dan tanpa air, galur padi transgenik menunjukkan kemampuan untuk pulih. Hasil uji ekspresi menunjukkan bahwa OsDREB1A dan gen indikator toleran kekeringan pada tanaman transgenik telah meningkatkan ekspresi pada kondisi kekeringan. Hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan ekspresi OsDREB1A berkorelasi dengan meningkatnya ekspresi gen kontrol dan terkait galur transgenik toleran kekeringan.

 

Baca artikel aslinya dalam Bahasa Vietnam di Journal of Agriculture and Rural Development http://www.tapchikhoahocnongnghiep.vn/uploads/news/2019_03/2_1.pdf.