Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KEMAJUAN DALAM PEMULIAAN COWPEA (KACANG TUNGGAK) OLEH PARA ILMUWAN NIGERIA

Tanggal : 31 March 2010

Melalui pemetaan genom, para ilmuwan di International Institute of Tropical Agriculture (IITA) di Ibadan, Nigeria, akan segera bisa “memfasilitasi kemajuan dalam pengembangan konvensional perbaikan varietas kacang tunggak dengan sifat-sifat seperti toleran terhadap kekeringan.”

Peneliti Eugene Agbicodo di IITA bekerja dalam hal analisis genetika toleran terhadap kekeringan kacang tunggak dan mampu membangun sebuah peta hubungan tanaman dan mengidentifikasi bagian-bagian pada  genom kacang tunggak dimana gen toleransi kekeringan dan gen bacterial blight terletak. Para peneliti kini sedang mendiskusikan hasil penelitian serupa dari University of California, Amerika Serikat untuk mencari wilayah kesepakatan.

“Jika kedua pihak dapat menemukan wilayah perjanjian atau persetujuan, beberapa wilayah genom semacam itu akan memetik manfaat besar ketika seleksi dengan bantuan penanda diterapkan dalam pemuliaan kacang tunggak. Sehingga apa yang akan memakan waktu sekitar 10 tahun untuk diselesaikan dapat dilakukan dalam waktu tiga tahun atau bahkan kurang,” ujar Christian Fatokun, pemulia kacang tunggak, yang mensupervisi pekerjaan di IITA.

Kunjungi http://www.afrol.com/articles/35815 for the full article.