Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KENTANG AMILOPEKTIN DENGAN PEMULIAAN AKURAT

Tanggal : 11 December 2009

Para peneliti di Fraunhofer Institute for Molecular Biology and Applied Ecology (IME), Jerman telah mengembangkan "super" kentang yang menghasilkan Amilopektin murni melalui TILLING (Targeted Induced Local Lesions in Genomes). TILLING adalah sebuah alternatif untuk teknik transformasi mediasi-Agrobacterium tradisonal  dan menggunakan mutagenesis yang digabungkan dengan deteksi gen spesifik dari perubahan nukleotida tunggal.  Pati konvensional terdiri dari polimer amilosa karbohidrat dan Amilopektin. Dibandingkan dengan amilosa, Amilopektin lebih larut dalam air dan terikat dengan kapasitas yang lebih tinggi. Amilopektin murni pati mempunyai nilai tinggi dalam beberapa teknik aplikasi seperti pada kertas, perekat dan industri tekstil. Tapi memisahkan amylose dari Amilopektin memerlukan energi dan proses yang intensif.

Menurut peneliti Fraunhofer, 100 ton kentang “super” dipanen awal musim gugur ini. "Kentang tersebut dapat diproses seperti biasa di pabrik," catat Jost Muth, peneliti di IME. "Langkah-langkah khusus tidak diperlukan, karena kentang TILLING benar-benar pemuliaan normal yang tidak mengandung bahan yang dimodifikasi secara genetik."
"Proses gen berbasis teknologi sangat diperlukan dan sangat bijaksana untuk digunakan ketika kita ingin mengintegrasikan materi genetik ke dalam genom tanaman, contohnya jika kita ingin mengembangkan tanaman tembakau transgenik yang dapat menghasilkan zat-zat farmakologis," kata Dirk Prüfer, seorang ilmuwan IME. "Ketika hal tersebut datang untuk berurusan dengan gen, ada aturan yang mudah: sebanyak modifikasi yang diperlukan, tetapi sesedikit mungkin yang digunakan."

Untuk informasi lebih lanjut,silahkan baca press release-nya di: http://www.fraunhofer.de/en/press/research-news/2009/12/super-potato.jsp