Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PEMKAB SIDOARJO JAMIN HARGA SEMBAKO STABIL

Tanggal: 19 July 2010 | Sumber: Republika | Penulis:

Bawang putih

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah melakukan operasi pasar beras di daerah-daerah yang menunjukkan kecenderungan kenaikan harga beras bermakna.
"Untuk Manokwari mulai besok," kata Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso usai mengikuti rapat koordinasi mengenai ketersediaan bahan pokok di kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, operasi beras juga akan dilakukan di Bengkulu yang kenaikan harga berasnya mencapai 10 persen. kemudian DKI Jakarta yang pemerintah daerahnya sudah mengisyaratkan membutuhkan dukungan operasi pasar beras untuk menstabilkan harga.

Perum Bulog, katanya, juga menyiapkan operasi pasar beras di daerah lain yang harga berasnya cenderung meningkat bermakna. Ia mengatakan saat ini kenaikan harga beras rata-rata di Pulau Jawa sekitar 4,4 persen, sedangkan di luar Jawa kenaikan harga beras sangat bervariasi dengan rata-rata sekitar 2,8 persen.

Kenaikan harga beras di beberapa kota di luar Jawa, kata dia, bahkan mendekati 10 persen. Menurut dia, per 19 Juli 2010 kenaikan harga beras di Manokwari dan Bengkulu mencapai 10 persen, Banjarmasin sebesar delapan persen, Pontianak sebesar sembilan persen, Bandar Lampung hampir delapan persen.

Bawang putih
REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO--Pemkab Sidoarjo yakin harga sembako yang cenderung meningkat beberapa bulan terakhir akan kembali normal. Bahkan, harga sembako itu dijamin stabil, meski mendekati bulan puasa Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri.

Keyakinan dan jaminan itu dikatakan Asisten I Bidang Administrasi dan Perekonomian Pemkab Sidoarjo,  Eddy Koestantono. Sebab, saat  melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Larangan dan beberapa pasar lainnya, Senin (19/7), harga sembako yang sebelumnya naik justru mengalami penurunan harga.

'’Hasil sidak ke beberapa pasar, ada kecenderungan harga itu akan stabil kembali. Bahkan, di antara harga yang sebelumnya naik drastis, sudah mulai mengalami penurunan. Itu bila dibandingkan dengan harga sebelumnya, meski masih belum normal semuanya,’’ ujar Eddy.

Eddy mencontohkan seperti harga cabe. Harga cabe sebelumnya mencapai Rp 50 ribu per kilogram. Kini sudah turun. Harga per kilo gramnya hanya Rp 35 ribu. Begitu juga dengan harga beras. Sebelumnya harga beras itu mencapai Rp 6.000 per kilogram untuk kualitas medium dan sekarang menjadi Rp 5.500 per kilogram.

Sedangkan harga daging sapi dikatakannya sudah stabil sejak beberapa hari lalu. Harga daging sapi yang sebelumnya mencapai Rp 60 ribu lebih per kilogram, saat ini dijual Rp 54 ribu per kilogram untuk kualitas sedang. '’Semua harga sembako itu akan terus terus mengalami penurunan. Sebab, persdeiaannya juga sudah mulai stabil. Kalau persediaan stabil, maka harganya juga bakal stabil,’’ jelasnya.

Red: Budi Raharjo
Rep: Asan Haji