Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI UJI KARBON (C) DAN NITROGEN (N) PADA PADI BT DENGAN VARIASI PERLAKUAN NITROGEN

Tanggal : 3 April 2019

Peneliti dari Huazhong Agricultural University mengkaji reaksi padi Bt dan non-Bt untuk berbagai tingkat nitrogen. Mereka menggunakan T2A-1 (varietas padi Bt) yang disisipkan dengan protein Cry2A* dan mengobsevasi metabolisme nitrogen (N) dan karbon (C) dalam tanaman. Hasilnya dipublikasi di Scientific Reports

 

Akumulasi total N menunjukkan tidak ada perbedaan statistik antara tanaman padi Bt dan non-Bt. Namun, kandungan nitrogen dalam berbagai bagian tanaman padi berbeda secara signifikan antara padi Bt dan non-Bt, terutama daun dan spike. Nitrogen dalam daun padi Bt ditemukan jauh lebih banyak daripada bagian non-Bt, sementara nitrogen dalam spike padi Bt lebih sedikit daripada tanaman non-Bt. Tanaman non-Bt juga berasimilasi lebih banyak C dari pada padi Bt, tetapi proporsi distribusi C pada daun, batang, dan spike padi Bt dan non-Bt secara rasio keduanya sama.

 

Peneliti juga melaporkan bahwa jumlah protein yang diekspresikan secara differensial dengan perlakuan defisiensi N hampir dua kali lipat dari yang terpapar tingkat N normal. Ini mungkin menyiratkan bahwa penyisipan Cry2A* dalam padi dapat mempengaruhi alokasi C dan N dan metabolisme terkait, terutama pada lingkungan rendah N.

 

Untuk lebih lengkap, baca artikel di Scientific Reports https://www.nature.com/articles/s41598-019-41267-1.