Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PERAYAAN 10 TAHUN JARINGAN INFORMASI BIOTEK GLOBAL

Tanggal : 16 September 2010

Pada tahun 1999, para pembuat kebijakan senior dari Asia Tenggara yang terlibat dalam bioteknologi tanaman pangan mencatat bahwa “negara-negara berkembang telah mengalami kemunduran dalam dialog mengenai tanaman bioteknologi pangan” dan juga ada kekurangan informasi terkini dan terpercaya. Mereka merekomendasikan untuk membentuk sebuah pusat informasi yang bertujuan untuk mengatasi kebutuhan ini. Oleh karena itu, pada September 2000, Global Knowledge Center on crop Biotechnology, yang lebih dikenal sebagai KC, didirikan guna memfasilitasi informasi pengambilan keputusan tentang bioteknologi tanaman di antara pemangku kepentingan yang berbeda di negara-negara berkembang.

KC merupakan program International Service for the Acquisition of Agri-biotech Applications (ISAAA) yang berbasis di Southeast Asia Center di Filipina. Ini mengasumsikan peran penting dalam upaya global untuk memungkinkan para stakeholder atau perhatian publik untuk menciptakan kesadaran dan pemahaman yang lebih besar tentang bioteknologi tanaman, memberi kontribusi pada pembentukan opini publik, dan bahkan membuat model perdebatan dan bentuk kebijakannya. Pendekatan multi-media, jaringan, dan berbagai model interpersonal yang inovatif akan memberikan kesempatan pada komunikasi sains untuk berkembang. Selain KC, jaringan komunikasi ini sekarang mencakup 24 Pusat Informasi Bioteknologi  yang tersebar di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa.
KC merilis Laporan Tahunan Status Global Komersialisasi Tanaman Biotek/Tanaman GM yang ditulis oleh Dr Clive James, pendiri dan Direktur ISAAA, yang tetap menjadi sumber informasi yang paling otoritatif dan referensi yang paling banyak dikutip. Sebuah laporan resmi mencatat ada sekitar 2,1 miliar impresi (jumlah orang yang membuka halaman pada media yang mempublikasikan Laporan tersebut). Selain itu, ISAAA juga mengirim e-newsletter mingguan, Crop Biotech Update, kepada 851.197 pelanggan di seluruh dunia.

Unduh laporan 10 tahun KC di http://www.isaaa.org/programs/knowledgecenter/reports/from_paper_to_partnerships/default.asp