Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PERBAIKAN GENETIKA KELAPA SAWIT DI THAILAND

Tanggal : 6 November 2009

Dibawah Thailand’s 15-year Alternative Energy Plan, pemerintah Thailand merencanakan untuk mempromosikan pemanfaatan bioenergi yang dihasilkan dari etanol, biodiesel, biomassa dan biogas. Bahan-bahan bakar alternatif ini dapat dibuat dari bahan mentah yang berlimpah di Thailand seperti singkong, gula, padi dan kelapa sawit, ungkap Kulwarang Suwanasri dari Divisi Studi Kebijakan dan Keamanan Hayati, National Center for Genetic Engineering and Biotechnology (BIOTEC).

Kelapa sawit merupakan bahan mentah bagi produksi biodiesel dikarenakan biayanya yang rendah. Demi meningkatkan produksi kelapa sawit, guna memenuhi permintaan yang kian meningkat, Kementerian Pertanian telah mengangkat sebuah rencana pengembangan untuk mencapai hasil yang lebih tinggi antara lain meningkatkan produksi menjadi 20 ton per hektar melalui perbaikan genetika tanaman dan mengadopsi teknik manajemen yang lebih baik. Bahan mentah lainnya yang tersedia di Thailand yang berpotensi digunakan untuk produksi biodiesel meliputi penggunaan minyak sayur dan minyak yang diekstrak dari kelapa, kedelai, kacang tanah, kastor, bunga matahari dan jarak pagar.

Lihat artikel lengkapnya di  http://home.biotec.or.th/NewsCenter/my_documents/my_files/12F49_THAILAND_BIOTECH_GUID.pdf atau http://www.safetybio.agri.kps.ku.ac.th/index.php?option=com_content&task=view&id=6738&Itemid=47