Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

OPEN ACCESS DAN KOLABORASI INTERNASIONAL CGIAR

Tanggal : 19 March 2010

Sebuah kebersamaan biologis global dalam bidang sumberdaya genetik dilaksanakan dalam Consultative Group on International Agricultural Research (CGIAR) melalui sistem pembibitan internasional berpusat pada  pemuliaan, pertukaran bebas plasma nutfah, kolaborasi dalam pengumpulan informasi, pengembangan sumberdaya manusia, dan jaringan kolaboratif internasional. Keberhasilan sebuah sistem open-source seperti yang dilaksanakan oleh CGIAR bergantung terutama pada orang-orang penting dan kepemimpinan. Derek Byerlee dan Jesse Dublin berbagi pandangan ini dalam tulisan bertajuk Crop improvement in the CGIAR as a global success story of open access and international collaboration  yang dipublikasikan dalam The International Journal of the Common.

Kolaborasi open source meliputi (i) distribusi dan redistribusi bahan asli secara gratis, (ii) redistribusi materi  yang berasal dari aslinya secara  gratis, (iii) saling berbagi informasi, termasuk silsilah dan hasil panen, ketahanan penyakit dan informasi lain yang berkaitan dengan materi, (iv) non-diskriminasi dalam partisipasi jaringan, dan (v) hak kekayaan intelektual pada materi akhir yang, jika digunakan, tidak mencegah penggunaannya lebih lanjut dalam penelitian.

Sejarah dan dampak dari program gandum internasional dibahas untuk menggambarkan sistem open-source. Hal ini juga menyoroti tantangan dalam mempertahankan dan mengembangkan sebuah sistem semacam itu untuk jangka panjang.

Untuk artikel selengkapnya lihat  http://www.thecommonsjournal.org/index.php/ijc/article/view/147/147