Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PROTEIN BT VIP3A TIDAK MEMPENGARUHI ORGANISME NON-TARGET

Tanggal : 24 September 2010

Tanaman GM yang mengandung protein yang berasal dari Bacillus thuringiensis (Bt) menawarkan manfaat ekonomi, lingkungan, dan kesehatan dengan mempertahankan atau meningkatkan produksi dengan penggunaan insektisida yang lebih sedikit. Untuk mempertahankan keunggulan ini, hama harus dicegah dari pengembangan resistensinya terhadap protein Bt, dan organisme non target tidak boleh terpengaruh oleh protein Bt. Vip3A, sebuah protein Bt insektisida vegetatif yang bekerja terhadap hama lepidopterous seperti ngengat dan kupu-kupu, memiliki model tindakan yang berbeda dari protein lain dan bila dikombinasikan dengan protein lain membantu menunda evolusi resistensi hama tanaman Bt.

Ilmuwan Alam Raybould dan Demetra Vlachos dari Syngenta mempelajari efek Vip3A pada organisme non target. Mereka juga melakukan penilaian risiko ekologi jagung MIR162, suatu varietas yang menggunakan Vip3A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 11 dari 12 spesies non-target tidak terkena paparan Vip3A konsentrasi tinggi. Waterflea (kutu air), sebuah organisme non target, tidak menunjukkan adanya efek pada kelangsungan hidup atau produktifitasnya tetapi hanya terjadi sedikit perubahan dalam tingkat pertumbuhannya saja. Oleh karena itu, budidaya MIR162 tidak berisiko signifikan terhadap organisme non-sasaran.

Makalah penelitian ini dipublikasikan oleh Transgenic Research Journal yang tersedia http://www.springerlink.com/content/h76276g55705t602/fulltext.html