Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

WORKSHOP BIOTEK UNTUK PETANI KEENAM DI YOGYAKARTA, INDONESIA

Tanggal : 8 April 2010

Roadshow keenam dari workshop biotek yang diselenggarakan oleh Indonesia Biotechnology Information Center (IndoBIC) bekerjasama dengan KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan) diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 17-18 Maret 2010 untuk membangun pengetahuan biotek para pemangku kepentingan khususnya petani, instansi pemerintah, dan media, sehingga mempercepat penerimaan biotek di Indonesia. Acara ini diikuti oleh 25 anggota petani KTNA dari Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Prof. Dr Suranto dari Universitas Sebelas Maret, Indonesia, berbagi pengetahuan dan pengalamannya mengenai bioteknologi pertanian. Dia menganggap aplikasi bioteknologi sebagai alat yang dapat membantu mencapai ketahanan pangan terutama ketika berhadapan dengan beberapa permasalahan yang meliputi  pertumbuhan penduduk, penurunan luas lahan pertanian dan penyakit tanaman. Selain itu, ia menekankan bahwa teknologi ini telah diadopsi di banyak negara industri terutama di Amerika, Eropa Barat dan beberapa negara berkembang termasuk Filipina, India dan Afrika Selatan. Sebagai tambahan, Ir. Winarno Tohir, Ketua KTNA, menyatakan bahwa bioteknologi dapat menjawab berbagai tantangan pertanian seperti peningkatan produktivitas dengan teknologi produksi baru yang lebih produktif dan efisien. Ia juga menyebutkan bahwa, Gorontalo, salah satu propinsi di Indonesia mencatat pertumbuhan perkembangan yang pesat dikarenakan produksi jagungnya sudah menyatakan kesediaannya untuk melakukan percobaan biotek.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini, email Dewi Suryani dari Indonesian Biotechnology Information Center di dewisuryani@biotrop.org.