Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

STRUKTUR DAN FUNGSI PROTEIN FOTOSINTESIS DIJELASKAN SECARA DETAIL

Tanggal : 9 January 2019

Tim peneliti internasional telah menyelesaikan struktur dan menjelaskan fungsi photosynthetic complex I, kompleks protein membran yang memainkan peran penting dalam menghubungkan fotosintesis secara dinamis.

 

Dalam sel-sel tanaman, complex I digunakan pada dua tempat: satu dalam mitokondria, sel energi tanaman, dan lainnya dalam kloroplas, di mana fotosintesis terjadi. Dalam keduanya, itu membentuk bagian rantai transport elektron, yang dapat dianggap sebagai sirkuit elektrik biologi. Ini digunakan untuk menggerakkan mesin molekular sel yang bertanggung jawab untuk produksi dan penyimpanan energi. 

 

Para peneliti menunjukkan bahwa struktur molekular photosynthetic complex I sangat berbeda dari relatif pernapasannya. Secara khusus, bagian ini bertanggung jawab untuk transport elektron memiliki struktur yang berbeda, sejak dioptimasi untuk transpot elektron siklik dalam fotosintesis. Pada tahap selanjutnya, tim menganalisis elemen-elemen struktural yang bertanggung jawab untuk interaksi efisien complex I dan ferredoxin protein. Mereka menemukan bahwa complex I memiliki bagian fleksibel khusus dalam strukturnya, yang menangkap ferredoxin protein seperti alat pancing. Ini memungkinkan ferredoxin untuk mencapai posisi pengikatan optimal untuk transfer elektron.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya dari Ruhr-Universität Bochum https://news.rub.de/english/press-releases/2018-12-21-biology-structure-and-function-photosynthesis-protein-explained-detail.